Rabu, 15 Juli 2020

DIGITAL MARKETING, ERA BARU PEMASARAN BUKU

Sahabat Setia Blogger, Salam Cinta Menulis  💖
Kegiatan Belajar Menulis Bersama Om Jay malam ini, Jum'at 10 Juli 2020 menghadirkan Nara Sumber Bapak Agust. Subardana.

Profil Nara Sumber


Nama:Agust. Subardana, SE. M.M. CDS
Jabatan: Direktur Pemasaran Penerbit Andi
Email: Agus Subardana@gmail.com
No HP: 08112936680
Blog: Literasikangagus.blogspot.com
Channel Youtube:Literasi By Agus



Di awal materi, Pak Agus mengirimkan foto dampak penjualan buku selama Covid 19.


Penjelasan materi dari Bapak Agust diteruskan  melalui voice note. Pak Agus menjelaskan bahwa ada 5 dampak penjualan buku selama virus Corona

1. Jaringan toko buku tutup selama kurang lebih 4 bulan
2. Orang takut datang ke toko buku atau mall
3. Penurunan omset toko buku 70-80%
4. Banyak penerbit memberhentikan distribusi ke toko buku
5. Beberapa penerbit gulung tikar(bangkrut).

Pengunjung di toko buku selama masa pandemi menurun drastis. Dapat dilihat dari grafik pengunjung toko buku Gramedia selama 6 bulan terakhir. Pada grafik tersebut terlihat bulan Januari dan Februari mulai menurun, dan menurun darstis sampai bulan Mei. Awal Juni mulai beranjak naik, kemungkinan karena memasuki awal ajaran baru 2020/2021.


Dampak dari pandemi ini telah mengubah diri menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaktif antar  individu yang minim sentuhan fisik (Low Touch). Keharusan mengecek kesehatan dengan thermogun, kebiasaan cuci tangan, memakai masker, adalah hal dan kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh semua orang baik itu di tempat kerja, di pabrik, di sekolah maupun di rumah. Demikian juga dengan strategi pemasaran buku. Harus ada solusi untuk memasarkan buku tanpa orang harus datang ke toko buku. Untuk menghadapi situasi ini  Pak Agus sebagai direktur pemasaran menerapkan   strategi Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.




Manfaat Digital Marketing
1. Biaya relatif terjangkau atau  murah
2. Daya jangkauan sangat luas
3. Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori
4. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
5. Mudah dievaluasi dan dikembangkan
6. Lebih cepat popular
7. Sangat membantu meningkatkan penjualan

Alasan Memilih Digital Marketing:
1. Efektif untuk membantu meningkatkan penjualan buku.
2.Tetap berhubungan dengan pelanggan buku di medsos

Strategi Digital marketing
1. Pastikan buku mudah ditemukan di media online. Website penerbit terhubung    dengan marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan lain-lain. Juga terhubung dengan akun medsos lain.
2.Pemasaran lewat komunitas seperti Komunitas Menulis Omjay, atau Komunitas Guru Sejuta Ngeblog dan PGRI.
3. Harus bisa tampil sebagai yang pertama,yang terdepan, dan yang tercepat dalam memasarkan buku.
4.Mengadakan promo khusus semacam diskon atau rabat untuk menarik konsumen. Juga mengadakan event-event tertentu seperti webinar.
5.Bagaimana menjadikan Branding tanggap situasi, cepat dalam merespon permintaan pengiriman buku, jika ada komplain konsumen cepat dicari  solusinya
6.Supaya tetap eksis memakai mobile marketing, email marketing, personal marketing, continues marketing, dan terintegrasi pada satu website sehingga memudahkam dalam mempromosikan brand yang mau dijual. 
7.Buat konten yang menarik perhatian pembaca. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat cover buku yang kreatif dan inovatif sehingga  menarik pembaca. Hal ini dilakukan karena kemasan buku rata-rata disegel dan tidak bisa dibuka. Dengan membuat cover buku yang bagus maka itu akan membuat karya kita dilirik pembaca. Bahkan nanti jadi buku best reseller. 
8.Visual marketing lewat akun medsos FB,  IG, WA, Youtube.

Berkaitan dengan kebijakan Dana BOS untuk Pengembangan Perpustakaan penerbit Andi menyediakan:
1. Melayani pembelian buku dari dana BOS melalui Siplah (blanja.com dan blibli.com)
2. Buku teks utama K13 Buku HET), Buku Pelajaran Pendamping, dan Buku Pelajaran Permintaan.
3.Buku Pelajaran SMK untuk buku kelompok C2, C3
4. Buku ajar informatika kelas 4-12
5. Buku Perpustakaan baik buku fisik dan e-books
6. Ala-alat pelajaran olahraga dan alat-alat kesenian


Sebagai penutup materi Pak Agus menyampaikan kalimat inspiratif:



KESIMPULAN
1.Tulislah apapun yang kita sukai.
2.Tulislah apa yang kita lihat, kita dengar dan kita alami. 
3.Jangan takut tidak dibaca dan tidak diterima penerbit.
4.Tulis, tulis, dan tulislah terus. Suatu saat nanti pasti berguna. Penerbit Andi siap membantu dalam memasarkan buku .

Link terkait:




Salam Literasi
Jawahir (ninibelajar.blogspot.com)


 


1 komentar:

  1. mantap,semangat terus ni🤗
    kunjungi missapps.blogspot.com

    BalasHapus

YUK BUAT ES KOPYOR ALPUKAT

RAMADHAN, DAY 1 Ramadhan 1444 Hijriyah, bertepatan dengan Kamis, 23 Maret 2023 Masehi. Sering mencoba  untuk  menulis setiap hari seperti ya...